Kemenkraf dan Canva Jalin Kolaborasi untuk Tingkatkan Sektor Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Kemitraan Kemenkraf dan Canva (foto: Rana//VOI)

JAKARTA – Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) resmi bermitra dengan Canva, platform desain terkemuka, dalam mendorong digitalisasi kreatif. Kemitraan ini resmi disepakati pada Senin, 28 Juli.

Melalui kemitraan ini, Kemenkraf dan Canva akan bekerja sama dalam menyediakan berbagai workshop. Acara ini akan mengajarkan para pesertanya dalam menggunakan Canva untuk kebutuhan bisnis atau pekerjaan lain di sektor kreatif.

“Ada pelatihan bulanan, baik itu untuk tenaga kementerian yang menggunakan Canva atau asosiasi, bahkan langsung ke users atau designer. Kerja sama ini penting agar pegiat desain semakin familiar dengan platform Canva,” kata Menteri Ekraf, Teukur Riefky Harsya, saat ditemui setelah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU).

Teuku menjelaskan bahwa kemitraan ini sejalan dengan prioritas mereka, yakni meningkatkan talenta di bidang ekonomi kreatif. Harapannya, kemitraan ini juga dapat mendorong pembukaan lapangan kerja.

“Ini juga bagian dari membantu membuka lapangan pekerjaan,” ujar Teuku. “Generasi muda banyak yang ingin (mendapatkan) kemudahan akses dan peningkatan kemampuan mereka dalam menggunakan platform-platform digital, terutama yang user friendly dan ber-impact kepada penghasilan mereka.”

Selain menyediakan workshop, kemitraan ini juga meliputi penyediaan harga spesial berlangganan Canva untuk para pegiat ekonomi kreatif. Kemitraan ini dipastikan akan berjalan selama tiga tahun ke depan.

“Untuk tahap pertama, (kita buka kerja sama selama) tiga tahun. Cakupan dan kuantitasnya akan terus kita perbesar, kita lihat setelah evaluasi dari tiga tahun (apakah ada kemitraan lebih lanjut),” jelas Teuku. 

Sementara itu, SEA Regional Lead Canva, Yani Hornilla Donato, menyatakan bahwa Canva mengapresiasi kemitraan ini. Canva berkomitmen untuk terus menyediakan berbagai alat terbaik di platformnya, baik dalam bentuk gratis maupun berbayar.

“Kami percaya bahwa memiliki alat seperti Canva, yang merupakan software all-in-one, sangat berharga dan berpengaruh untuk meningkatkan literasi digital dan kreativitas mereka (para pegiat ekonomi kreatif),” ungkap Yani.

​Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) resmi bermitra dengan Canva, platform desain terkemuka, dalam mendorong digitalisasi kreatif. Kemitraan ini resmi disepakati pada Senin, 28 Juli.

 

 

Voi.id – Latest News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *